Posted by
Fahrizal
|
0
comments
BUDAYA ORGANISASI dan penilaian personal
BUDAYA ORGANISASI
A)
Definisi
Robbins
(dalam Tampubolon, 2004: 190) berpendapat budaya organisasi merupakan perekat
sosial yang mengikat anggota-anggota organisasi secara bersama-sama melalui
nilai-nilai, norma-norma standar yang jelas tentang apa yang dapat dan tidak
dapat dilakukan dan dikatakan oleh anggotanya.
B)
Dimensi
Menurut
Stephen P. Robbins (2004, p.15) ada sepuluh dimensi (karakteristik) dari budaya
organisasi yaitu sebagai berikut:
1. Inisiatif
individu, yaitu tingkat, tanggung jawab, kebebasan yang dipunyai individu
2. Toleransi
terhadap tindakan beresiko, yaitu sejauh mana para pegawai dianjurkan untuk
bertindak agresif, inovatif dan berani mengambil beresiko.
3. Arah,
yaitu sejauh mana organisasi tersebut menciptakan dengan jelas sasaran dan
harapan mengenai organisasi
4. Integrasi,
yaitu tingkat sejauh mana unit-unit dalam organisasi didorong untuk bekerja
dengan cara yang terkoordinasi
5. Dukungan
manajemen, yaitu tingkat sejauh mana para manajer memberi komunikasi yang
jelas, bantuan serta dukungan terhadap bawahan mereka
6. Kontrol,
yaitu jumlah peraturan dan pengawasan langsung yang digunakan untuk mengawasi
dan mengendalikan perilaku pegawai.
7. Identitas,
yaitu tingkat sejauh mana para anggota teridentifikasi dirinya secara
keseluruhan dengan organisasinya daripada dengan kelompok kerja tertentu atau
dengan bidang keahlian profesional
8. Sistem
imbalan, yaitu tingkat sejauh mana alokasi imbalan (kenaikan gaji, promosi)
didasarkan atas kriteria prestasi pegawai sebagai kebalikan dari senioritas,
pilih kasih, dan sebagainya.
9. Toleransi
terhadap konflik, yaitu tingkat sejauh mana para pegawai didorong untuk
mengemukakan konflik kritik secara terbuka.
10. Pola-pola
komunikasi, yaitu tingkat sejauh mana komunikasi organisasi dibatasi oleh
hierarki kewenangan yang formal.
C)
Blue Print
Blue Print Skala Budaya Organisasi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
No. Item
Favorabel
|
No. Item
Unfavorabel
|
|
1
|
Individual Initiative
|
Tanggung jawab
|
1
|
4
|
|
|
|
Kebebasan
|
2
|
3
|
|
|
|
Kemandirian
|
5
|
6
|
|
2
|
Risk Tolerance
|
Agresif
|
7
|
8
|
|
|
|
Inovatif
|
9
|
10
|
|
|
|
Mau menghadapi resiko
|
12
|
11
|
|
3
|
Direction
|
Tujuan yang akan dicapai
|
13
|
14
|
|
|
|
Kinerja yang diharapkan
|
15
|
16
|
|
4
|
Integration
|
Kerja sama dengan rekan kerja
|
18
|
17
|
|
|
|
Kerja sama antara pimpinan dengan
karyawan
|
19
|
20
|
|
5
|
Management Support
|
Bantuan
|
31
|
30
|
|
|
|
Dukungan
|
28
|
27
|
|
6
|
Control
|
Peraturan
|
24
|
23
|
|
|
|
Pengawasan
|
32
|
29
|
|
7
|
Identity
|
Bagian dari perusahaan
|
21
|
22
|
|
|
|
Ciri Khas
|
26
|
25
|
|
D)
Skala
No
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Semua tugas
yang diberikan kepada saya, saya selesaikan dengan penuh tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
2
|
Setiap
pekerjaan tidak menjadi beban untuk saya
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa
beberapa tugas dalam pekerjaan ini memberatkan saya
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya
menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya melewati batas waktu yang
telah ditentukan
|
|
|
|
|
|
5
|
Selama bisa
saya kerjakan sendiri, saya tidak akan meminta bantuan orang lain untuk
mengerjakan tugas saya
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu
meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan tugas yang diberikan kepada saya
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya
menyukai tantangan dalam pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya tidak
suka tantangan
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya lebih
tertarik untuk menggali atau mencari ide-ide baru
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya
kesulitan untuk mendapatkan ide-ide baru
|
|
|
|
|
|
11
|
Pada
pekerjaan yang beresiko, lebih baik saya limpahkan kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya siap
menghadapi konsekuensi dari pekerjaan yang beresiko
|
|
|
|
|
|
13
|
Perusahaan
memiliki target produksi jangka panjang dan jangka pendek
|
|
|
|
|
|
14
|
Perusahaan
kurang dapat memberikan penjelasan tentang tujuan-tujuan yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
15
|
Perusahaan
dapat mengarahkan pencapaian kinerja yang diharapkan oleh karyawannya
|
|
|
|
|
|
16
|
Perusahaan
kurang jelas dalam menjelaskan pencapaian kinerja yang diharapkan oleh
karyawannya
|
|
|
|
|
|
17
|
Masing-masing
karyawan memiliki bagian tugas masing-masing, sehingga tidak perlu bantuan
dari bagian lain
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya akan
menawarkan bantuan kepada rekan kerja walaupun bukan menjadi tanggung jawab
pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya merasa
dapat mendiskusikan hal-hal mengenai pekerjaan saya dengan pemimpin saya
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya
kesulitan mendiskusikan hal-hal mengenai pekerjaan saya dengan pimpinan saya
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya merasa
bangga menjadi bagian dari perusahaan ini
|
|
|
|
|
|
22
|
Menjadi
bagian dari perusahaan ini bukan merupakan kebanggaan bagi saya
|
|
|
|
|
|
23
|
Saya
tidak merasa bersalah apabila melanggar peraturan perusahaan
|
|
|
|
|
|
24
|
Perusahaan
menetapkan peraturan-peraturan yang jelas untuk mengontrol perilaku karyawan
|
|
|
|
|
|
25
|
Saya merasa
perusahaan ini tidak memiliki perbedaan yang khas dengan perusahaan lain
|
|
|
|
|
|
26
|
Perusahaan
tempat saya bekerja memiliki ciri khas yang membedakannya dari
perusahaan-perusahaan kompetitor
|
|
|
|
|
|
27
|
Dukungan
organisasi kurang dapat kami rasakan secara langsung
|
|
|
|
|
|
28
|
Kesejahteraan
karyawan sangat diperhatikan oleh perusahaan
|
|
|
|
|
|
29
|
Pengawasan
langsung dari pimpinan membuat saya tidak nyaman
|
|
|
|
|
|
30
|
Saya tidak
bisa menyampaikan keluhan langsung pada pimpinan
|
|
|
|
|
|
31
|
Manajer
memberikan kesempatan pada karyawannya untuk menyampaikan informasi atau
keluhan
|
|
|
|
|
|
32
|
Pemimpin
melakukan pengawasan langsung terhadap kinerja karyawannya sehingga memacu
peningkatan kinerja
|
|
|
|
|
|
BUDAYA ORGANISASI
A)
Definisi
Robbins
(dalam Tampubolon, 2004: 190) berpendapat budaya organisasi merupakan perekat
sosial yang mengikat anggota-anggota organisasi secara bersama-sama melalui
nilai-nilai, norma-norma standar yang jelas tentang apa yang dapat dan tidak
dapat dilakukan dan dikatakan oleh anggotanya.
B)
Dimensi
Menurut
Stephen P. Robbins (2004, p.15) ada sepuluh dimensi (karakteristik) dari budaya
organisasi yaitu sebagai berikut:
1. Inisiatif
individu, yaitu tingkat, tanggung jawab, kebebasan yang dipunyai individu
2. Toleransi
terhadap tindakan beresiko, yaitu sejauh mana para pegawai dianjurkan untuk
bertindak agresif, inovatif dan berani mengambil beresiko.
3. Arah,
yaitu sejauh mana organisasi tersebut menciptakan dengan jelas sasaran dan
harapan mengenai organisasi
4. Integrasi,
yaitu tingkat sejauh mana unit-unit dalam organisasi didorong untuk bekerja
dengan cara yang terkoordinasi
5. Dukungan
manajemen, yaitu tingkat sejauh mana para manajer memberi komunikasi yang
jelas, bantuan serta dukungan terhadap bawahan mereka
6. Kontrol,
yaitu jumlah peraturan dan pengawasan langsung yang digunakan untuk mengawasi
dan mengendalikan perilaku pegawai.
7. Identitas,
yaitu tingkat sejauh mana para anggota teridentifikasi dirinya secara
keseluruhan dengan organisasinya daripada dengan kelompok kerja tertentu atau
dengan bidang keahlian profesional
8. Sistem
imbalan, yaitu tingkat sejauh mana alokasi imbalan (kenaikan gaji, promosi)
didasarkan atas kriteria prestasi pegawai sebagai kebalikan dari senioritas,
pilih kasih, dan sebagainya.
9. Toleransi
terhadap konflik, yaitu tingkat sejauh mana para pegawai didorong untuk
mengemukakan konflik kritik secara terbuka.
10. Pola-pola
komunikasi, yaitu tingkat sejauh mana komunikasi organisasi dibatasi oleh
hierarki kewenangan yang formal.
C)
Blue Print
Blue Print Skala Budaya Organisasi
No
|
Aspek
|
Indikator
|
No. Item
Favorabel
|
No. Item
Unfavorabel
|
|
1
|
Individual Initiative
|
Tanggung jawab
|
1
|
4
|
|
|
|
Kebebasan
|
2
|
3
|
|
|
|
Kemandirian
|
5
|
6
|
|
2
|
Risk Tolerance
|
Agresif
|
7
|
8
|
|
|
|
Inovatif
|
9
|
10
|
|
|
|
Mau menghadapi resiko
|
12
|
11
|
|
3
|
Direction
|
Tujuan yang akan dicapai
|
13
|
14
|
|
|
|
Kinerja yang diharapkan
|
15
|
16
|
|
4
|
Integration
|
Kerja sama dengan rekan kerja
|
18
|
17
|
|
|
|
Kerja sama antara pimpinan dengan
karyawan
|
19
|
20
|
|
5
|
Management Support
|
Bantuan
|
31
|
30
|
|
|
|
Dukungan
|
28
|
27
|
|
6
|
Control
|
Peraturan
|
24
|
23
|
|
|
|
Pengawasan
|
32
|
29
|
|
7
|
Identity
|
Bagian dari perusahaan
|
21
|
22
|
|
|
|
Ciri Khas
|
26
|
25
|
|
D)
Skala
No
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Semua tugas
yang diberikan kepada saya, saya selesaikan dengan penuh tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
2
|
Setiap
pekerjaan tidak menjadi beban untuk saya
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa
beberapa tugas dalam pekerjaan ini memberatkan saya
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya
menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya melewati batas waktu yang
telah ditentukan
|
|
|
|
|
|
5
|
Selama bisa
saya kerjakan sendiri, saya tidak akan meminta bantuan orang lain untuk
mengerjakan tugas saya
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu
meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan tugas yang diberikan kepada saya
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya
menyukai tantangan dalam pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya tidak
suka tantangan
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya lebih
tertarik untuk menggali atau mencari ide-ide baru
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya
kesulitan untuk mendapatkan ide-ide baru
|
|
|
|
|
|
11
|
Pada
pekerjaan yang beresiko, lebih baik saya limpahkan kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya siap
menghadapi konsekuensi dari pekerjaan yang beresiko
|
|
|
|
|
|
13
|
Perusahaan
memiliki target produksi jangka panjang dan jangka pendek
|
|
|
|
|
|
14
|
Perusahaan
kurang dapat memberikan penjelasan tentang tujuan-tujuan yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
15
|
Perusahaan
dapat mengarahkan pencapaian kinerja yang diharapkan oleh karyawannya
|
|
|
|
|
|
16
|
Perusahaan
kurang jelas dalam menjelaskan pencapaian kinerja yang diharapkan oleh
karyawannya
|
|
|
|
|
|
17
|
Masing-masing
karyawan memiliki bagian tugas masing-masing, sehingga tidak perlu bantuan
dari bagian lain
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya akan
menawarkan bantuan kepada rekan kerja walaupun bukan menjadi tanggung jawab
pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya merasa
dapat mendiskusikan hal-hal mengenai pekerjaan saya dengan pemimpin saya
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya
kesulitan mendiskusikan hal-hal mengenai pekerjaan saya dengan pimpinan saya
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya merasa
bangga menjadi bagian dari perusahaan ini
|
|
|
|
|
|
22
|
Menjadi
bagian dari perusahaan ini bukan merupakan kebanggaan bagi saya
|
|
|
|
|
|
23
|
Saya
tidak merasa bersalah apabila melanggar peraturan perusahaan
|
|
|
|
|
|
24
|
Perusahaan
menetapkan peraturan-peraturan yang jelas untuk mengontrol perilaku karyawan
|
|
|
|
|
|
25
|
Saya merasa
perusahaan ini tidak memiliki perbedaan yang khas dengan perusahaan lain
|
|
|
|
|
|
26
|
Perusahaan
tempat saya bekerja memiliki ciri khas yang membedakannya dari
perusahaan-perusahaan kompetitor
|
|
|
|
|
|
27
|
Dukungan
organisasi kurang dapat kami rasakan secara langsung
|
|
|
|
|
|
28
|
Kesejahteraan
karyawan sangat diperhatikan oleh perusahaan
|
|
|
|
|
|
29
|
Pengawasan
langsung dari pimpinan membuat saya tidak nyaman
|
|
|
|
|
|
30
|
Saya tidak
bisa menyampaikan keluhan langsung pada pimpinan
|
|
|
|
|
|
31
|
Manajer
memberikan kesempatan pada karyawannya untuk menyampaikan informasi atau
keluhan
|
|
|
|
|
|
32
|
Pemimpin
melakukan pengawasan langsung terhadap kinerja karyawannya sehingga memacu
peningkatan kinerja
|
|
|
|
|
|
KETERLIBATAN KARYAWAN
A)
Definisi
Menurut
Robinson, keterlibatan karyawan dalam pekerjaan adalah tingkat saat karyawan di
perusahaan bersedia bekerja. (Istijanto, 2005:202). Karyawan yang memiliki
keterlibatan kerja tinggi memberikan usaha-usaha terbaik dalam pekerjaannya,
termasuk memberikan lebih banyak daripada yang disyaratkan pekerjaannya.
Keterlibatan karyawan terhadap pekerjaan dipengaruhi beberapa faktor, seperti
sikap terhadap pekerjaan, dukungan rekan kerja, dan lingkungan pekerjaan lain.
B)
Dimensi
Menurut
Thomas (2007), employee engagement merupakan suatu keadaan psikologis
yang stabil, hasil dari interaksi antara seorang individu dengan lingkungan
tempat individu tersebut bekerja. Faktor-faktor yang menandakan seorang
karyawan memiliki nilai employee engagement dapat dilihat dari
faktor-faktor Kesiapan (readiness) serta Kerelaan (willingness)
mereka untuk mencurahkan energi yang dimiliki menjadi suatu bentuk upaya fisik,
kognitif serta ekspresi emosi untuk menyelesaikan tugas yang diemban. Selain
itu, faktor Kebanggaan (pride) terhadap pekerjaan yang dimiliki juga
menjadi salah satu faktor pendorong dari employee engagement (Gibbons,
2006). Sehingga dapat dilihat bahwa dimensi untuk faktor employee engagement
ialah Kesiapan, Kerelaan serta Kebanggaan.
C)
Blue Print
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Favorable
|
Unfavorable
|
1
|
Kesiapan
|
Siap mendedikasikan diri pada pekerjaan
|
1
|
12
|
Memikirkan cara baru untuk bekerja lebih efektif
|
4
|
10
|
||
Semangat dalam melaksanakan pekerjaan
|
8
|
11, 19
|
||
2
|
Kerelaan
|
Kesediaan memotivasi diri untuk mencapai keberhasilan
|
2
|
14
|
Kesediaan untuk bekerja keras atau bekerja ekstra keras
|
5, 15
|
16
|
||
Upaya meningkatkan kinerja pekerja tanpa berharap imbalan
|
3
|
18
|
||
3
|
Kebanggaan
|
Pekerjaan sebagai sumber kebanggaan diri
|
6
|
13
|
Pekerjaan dikerjakan secara lengkap dan menyeluruh
|
9
|
17
|
||
Kesiapan mencurahkan jiwa bagi pekerjaan
|
7
|
20
|
D)
Skala
No
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Saya siap untuk mendedikasikan diri pada pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya bersedia untuk memotivasi diri saya demi mencapai
keberhasilan dalam bekerja
|
|
|
|
|
|
3
|
Selalu berupaya meningkatkan kinerja pekerjaan tanpa berharap
imbalan merupakan suatu hal yang penting bagi diri saya
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya tertarik untuk memikirkan cara baru untuk mengerjakan
pekerjaan saya agar lebih efektif
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya bersedia untuk bekerja lebih keras dalam menyelesaikan
sebuah pekerjaan
|
|
|
|
|
|
6
|
Pekerjaan saya merupakan sumber kebanggaan bagi diri saya
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya siap mencurahkan hati dan jiwa saya pada pekerjaan
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya bersemangat untuk melaksanakan pekerjaan saya setiap hari
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya merasa bangga ketika mengerjakan pekerjaan secara lengkap
dan menyeluruh
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya lebih suka mengerjakan pekerjaan saya dengan cara yang
lama/sudah biasa saja
|
|
|
|
|
|
11
|
Saya merasa bosan melaksanakan pekerjaan saya setiap hari
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya belum siap untuk mendedikasikan diri saya sepenuhnya pada
pekerjaan saya
|
|
|
|
|
|
13
|
Saya kurang merasa bangga dengan pekerjaan yang saya jalani saat
ini
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya kesulitan untuk memotivasi diri saya demi mencapai
keberhasilan dalam bekerja
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya siap untuk bekerja di luar jam kantor untuk menyelesaikan
sebuah pekerjaan
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya enggan untuk bekerja lebih keras dalam menyelesaikan sebuah
pekerjaan
|
|
|
|
|
|
17
|
Menyelesaikan pekerjaan secara lengkap dan menyeluruh bukanlah
sesuatu yang penting untuk saya
|
|
|
|
|
|
18
|
Upaya peningkatan kinerja harus diikuti dengan imbalan yang
memadai
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya tetap merasa bekerja walaupun pekerjaan saat itu terasa
sullit
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya belum siap untuk mencurahkan hati dan jiwa saya pada
pekerjaan
|
|
|
|
|
|
0 comments: